Sabtu, 20 Juli 2013

6 Sebab Anda Sulit Berkonsentrasi Saat Bekerja

Posted at  09.10 - by shine rhedo

imgKerja-in | Artikel Bermanfaat | Disadur dari Detik.com, Atasan maupun karyawan di kantor terkadang mengalami kesulitan untuk konsentrasi saat bekerja. Ini bukanlah tanpa sebab. Dikutip dari Wikihow, ada beberapa penyebab yang mempersulit pekerja untuk berkonsentrasi. Apa saja?

1. Faktor Lingkungan
Lingkungan bisa mempengaruhi pekerja dalam berkonsentrasi. Biasanya yaitu karena adanya suara yang terlalu bising. Tak heran bila banyak karyawan yang merasa terganggu ketika rekan kerjanya selalu mengajak ngobrol atau bergosip. Tentu saja ini menjadi penghambat untuk menyelesaikan pekerjaan yang sudah menumpuk.

2. Suara
Setiap orang memiliki kemampuan dalam berkonsentrasi dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang bisa fokus ketika mendengarkan musik, namun ada yang justru malah merasa terganggu. Ada pula pekerja yang bisa konsetrasi mengerjakan tugasnya di tempat yang ramai, tapi ada juga yang bisa fokus ketika bekerja di tempat yang sepi. Jadi Anda harus bisa mengetahui tipe pekerja seperti apakah Anda dan pilihlah suasana, serta tempat yang sesuai.

3. Pencahayaan
Selain suara, pencahayaan juga merupakan faktor yang bisa mempengaruhi konsentrasi para pekerja. Apabila lampu di ruang kerja terlalu terang, bisa membuat karyawan merasa silau atau pusing. Namun lampu yang terlalu redup juga tak baik karena dapat merusak mata. Jadi, pencahayaan juga sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan dalam bekerja.

4. Temperatur
Ruang kerja yang terlalu dingin, bisa menghambat karyawannya dalam bekerja. Begitupun sebaliknya. Ruang kerja terlalu panas, juga membuat pekerja tak nyaman. Faktor inilah yang juga bisa mengganggu konsentrasi karyawan ketika bekerja di kantor.

Oleh karena itu, sebaiknya selalu siapkan jaket tebal di kantor. Sehingga ketika ruang kerja terasa dingin, Anda bisa langsung mengenakan jaket yang sudah disediakan sebelumnya. Menyiapkan kipas angin kecil juga bisa Anda lakukan. Agar ketika merasa panas, Anda masih tetap bisa mendapatkan sedikit angin segar.

5. Fasilitas Kerja
Tak sedikit karyawan yang merasa terganggu dan sulit berkonsentrasi karena fasilitas kerja yang mereka dapatkan, misalnya meja yang kecil, ruang kerja sempit, atau bahkan komputer dan laptop yang lemot. Jika ini terjadi pada Anda, sebaiknya bicarakan dengan atasan di kantor agar bisa diberikan fasilitas yang layak.

6. Psikologi
Faktor psikologi juga bisa mempengaruhi bagaimana sikap dan perilaku karyawan dalam berkonsentrasi. Contohnya, karena adanya masalah antara pekerja dengan rekan kerja senior, atau masalah dalam lingkungan keluarga. Hal tersebut tentu mempengaruhi psikologi mereka sehingga menjadi sulit untuk konsentrasi dalam bekerja dan kehilangan semangat.

Akan lebih baik bila Anda tak memikirkan masalah pribadi saat bekerja di kantor. Dan apabila memang ada masalah dengan rekan kerja senior atau atasan, sebaiknya segera dibicarakan dan diselesaikan dengan baik.

Demikian artikel singkat menganai sebab sulit berkonsentrasi semoga bermanfaat.

 

Sumber

Tags:
Tentang Blog ini

Kerja-in merupakan blog yang berisi tentang info lowongan pekerjaan yang ada di Indonesia

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

WP Theme-junkie converted by BloggerTheme9