Selasa, 17 Juli 2012

Tata Cara Pendaftaran Online CPNS Kemenkeu 2012

Posted at  13.40 - by shine rhedo

PETUNJUK PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN
REKRUTMEN PEGAWAI GOLONGAN II DAN III
DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN KEUANGAN TAHUN ANGGARAN 2012
MELALUI APLIKASI INTERNET (ONLINE)

Petunjuk Umum

Bacalah terlebih dahulu persyaratan umum pendaftaran sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebagaimana tersebut pada menu persyaratan;
Petunjuk Pengisian Formulir

Pilih menu pengisian formulir. Bacalah terlebih dahulu persetujuan pendaftaran secara seksama, apabila Anda menyetujui maka pilih pada option “Saya Setuju” kemudian pilih tombol “Lanjut”, setelah itu akan muncul form pendaftaran;

Isi semua kolom isian dalam form tersebut sesuai dengan data Anda. Adapun form pendaftaran dimaksud adalah sebagai berikut:
2.1. Informasi Pendidikan
Merupakan informasi berkaitan dengan pendidikan sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar. Data yang perlu Anda isi sebagai berikut:

2.1.1. Tingkat Pendidikan
Pilih tingkat pendidikan sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.
2.1.2 Bila Anda memilih Tingkat Pendidikan S1/DIII Pelayaran/DIII umum, maka:

2.1.2.1. Apakah Anda lulusan perguruan tinggi dalam negeri?
Pilih “Ya” apabila Anda lulusan perguruan tinggi dalam negeri, pilih “Bukan” apabila Anda lulusan perguruan tinggi luar negeri.
2.1.2.2. Program Studi
Pilih salah satu program studi yang sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.
2.1.2.3. Gelar
Pilih gelar sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar. Apabila Anda lulusan perguruan tinggi luar negeri, isikan gelar Anda sesuai dengan ijazah.
2.1.2.4. Nama Perguruan Tinggi
Pilih Nama Perguruan Tinggi Anda sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar. Bila Nama Perguruan Tinggi Anda tidak terdapat di pilihan, pilih “lainnya”. Kemudian isikan Nama Perguruan Tinggi Anda sesuai dengan Ijazah yang Anda gunakan untuk melamar. Bagi Anda lulusan perguruan tinggi luar negeri, nama perguruan tinggi akan mengarah ke pilihan “lainnya”. Kemudian isikan Nama Perguruan Tinggi Anda sesuai dengan Ijazah yang Anda gunakan untuk melamar. Pastikan Anda telah memiliki surat keputusan penyetaraan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.1.2.5. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
Silahkan cantumkan IPK sesuai dengan yang tercantum pada transkrip kelulusan Anda. Dalam hal ini IPK yang dipersyaratkan adalah:

a. Untuk lulusan Sarjana adalah 3.00 (skala 4). Apabila Anda lulusan perguruan tinggi luar negeri, Silahkan pilih skala IPK Anda (skala 4 atau skala 5). Cantumkan IPK sesuai dengan yang tercantum pada transkrip kelulusan Anda. Dalam hal ini IPK yang dipersyaratkan adalah 3.00 (skala 4) atau 3.75 (skala 5);
b. Untuk lulusan DIII (Pelayaran) adalah 2.50 (skala 4). Apabila Anda lulusan perguruan tinggi luar negeri, Silahkan pilih skala IPK Anda (skala 4 atau skala 5). Cantumkan IPK sesuai dengan yang tercantum pada transkrip kelulusan Anda. Dalam hal ini IPK yang dipersyaratkan adalah 2.50 (skala 4) atau 3.12 (skala 5);
c. Untuk lulusan DIII (Umum) adalah 3.00 (skala 4). Apabila Anda lulusan perguruan tinggi luar negeri, Silahkan pilih skala IPK Anda (skala 4 atau skala 5). Cantumkan IPK sesuai dengan yang tercantum pada transkrip kelulusan Anda. Dalam hal ini IPK yang dipersyaratkan adalah 3.00 (skala 4) atau 3.75 (skala 5)
2.1.2.6. Nomor Ijazah
Isikan nomor ijazah Anda sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar
2.1.2.7. Tanggal Ijazah
Isikan tanggal ijazah Anda sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.
2.1.3. Bila Anda memilih Tingkat Pendidikan SMK Pelayaran/SMK umum, maka:

2.1.3.1. Program Studi
Pilih salah satu program studi yang sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.
2.1.3.2. Nama Sekolah
Pilih Nama Sekolah Anda sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar. Bila sekolah Anda tidak terdapat di pilihan, pilih “lainnya”. Kemudian isikan nama sekolah Anda sesuai dengan Ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.
2.1.3.3. Nomor Ijazah
Isikan nomor ijazah Anda sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar
2.1.3.4. Tanggal Ijazah
Isikan tanggal ijazah Anda sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.
2.1.3.5. Nilai Rata-rata Ujian Tertulis
Silahkan cantumkan Nilai rata-rata ujian tertulis sesuai dengan ijazah yang anda gunakan untuk melamar. Dalam hal ini Nilai rata-rata ujian tertulis yang dipersyaratkan adalah sebagai berikut:

a. Nilai rata-rata ujian tertulis minimal bagi lulusan SMK (Pelayaran) untuk semua program studi adalah 6.50 (skala 10.00);
b. Nilai rata-rata ujian tertulis minimal bagi lulusan SMK (Umum) untuk semua program studi adalah 7.00 (skala 10.00).
2.2. Pilihan Formasi
Merupakan informasi berkaitan dengan jabatan yang Anda lamar. Data yang perlu Anda isi sebagai berikut:

2.2.1. Pilihan Jabatan
Pilih jabatan yang ingin Anda lamar. Pilihan jabatan disesuaikan dengan program studi yang telah Anda pilih.
2.2.2. Pilihan Unit Kerja
Pilih unit kerja di Kementerian Keuangan yang ingin Anda lamar. Pilihan unit kerja disesuaikan dengan ketersediaan jabatan yang tersedia.
2.2.3. Tempat Daftar Ulang dan Ujian Yang Diinginkan
Pilih salah satu tempat pendaftaran ulang dan ujian yang Anda kehendaki.
2.2.4. Kota Domisili
Isikan kota domisili Anda saat ini.
2.3. Identitas Diri
Merupakan informasi berkaitan dengan identitas diri Anda. Data yang perlu Anda isi sebagai berikut:

2.3.1. Nama Lengkap
Isikan nama lengkap Anda (tanpa gelar akademis) dengan huruf kapital sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.
2.3.2. Tempat Lahir
Isikan tempat lahir Anda sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.
2.3.3. Tanggal Lahir
Isikan tanggal lahir Anda sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.

2.3.3.1. Usia pelamar minimal 18 tahun;
2.3.3.2. Untuk lulusan DIII (Pelayaran), usia maksimal adalah 30 tahun (1 Desember 1982);
2.3.3.3. Untuk lulusan DIII (Umum), usia maksimal adalah 23 tahun (1 Desember 1989);
2.3.3.4. Untuk lulusan SMK (Pelayaran), usia maksimal adalah 26 tahun (1 Desember 1986);
2.3.3.5. Untuk lulusan SMK (Umum), usia maksimal adalah 20 tahun (1 Desember 1992);
2.3.3.6. Batas usia dihitung per tanggal 1 Desember 2012.
2.3.4. Jenis Kelamin
Pilih sesuai jenis kelamin anda. Untuk tingkat Pendidikan DIII dan SMK yang diterima adalah “Laki-Laki”.
2.3.5. Nomor KTP/SIM
Isikan nomor KTP/SIM Anda yang masih berlaku.
2.3.6. Tanggal Berlaku KTP/SIM
Cantumkan tanggal masa berlaku KTP/SIM Anda yang masih berlaku.
2.4. Informasi Username dan Password
Merupakan informasi berkaitan dengan username dan password yang akan digunakan selama proses rekrutmen ini. Data yang perlu Anda isi sebagai berikut:

2.4.1. Username
Isikan username Anda yang mudah diingat. Ingat dan simpan baik-baik username Anda, karena akan dipakai terus hingga seluruh proses seleksi ini berakhir.
2.4.2. Password
Isikan password Anda yang mudah diingat. Ingat dan simpan baik-baik password Anda, karena akan dipakai terus hingga seluruh proses seleksi ini berakhir.
2.4.3. Konfirmasi Password
Isikan password Anda kembali sesuai dengan password yang telah Anda isikan sebelumnya.
2.4.4. Kode Pengamanan
Isikan kode pengaman sebagaimana tersebut pada gambar diatas dengan tepat. Kode tersebut bersifat case sensitive.
Setelah selesai mengisi formulir:
3.1. Periksa dan pastikan terlebih dahulu apakah isian dimaksud sudah benar;
3.2. Apabila isian dimaksud dianggap masih ada kesalahan, silahkan pilih “perbaikan” untuk memperbaiki isian sesuai dengan data yang benar;
3.3. Apabila isian dimaksud sudah dianggap benar silahkan pilih “simpan“ untuk selanjutnya melakukan pencetakan/download formulir;
3.4. Untuk mencetak hasil pengisian formulir pendaftaran tersebut silahkan pilih tombol cetak formulir, dan tombol download untuk mendapatkan file pdf atas hasil pengisian pendaftaran Anda. Berkas yang Anda dapatkan dari hasil download antara lain:
Formulir Pendaftaran Online;
Surat Pernyataan;
Tanda Bukti Pendaftaran;
Daftar Riwayat Hidup Singkat.
Formulir Pendaftaran Online yang Anda peroleh setelah pengisian merupakan syarat untuk melakukan pengiriman berkas melalui PO BOX. Kirimkan Formulir Pendaftaran Online, Surat Pernyataan, dan Daftar Riwayat Hidup Singkat beserta lampiran lainnya kepada:

Panitia Pusat Rekrutmen
Pegawai Golongan II dan III di Lingkungan Kementerian Keuangan
Tahun Anggaran 2012
PO BOX 1001 Jakarta 10000

Apabila pada saat pengiriman berkas PO BOX tidak mengirimkan Formulir Pendaftaran Online yang telah di download dibubuhi pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm, materai sebesar Rp6.000,00 dan ditandatangani, maka pendaftaran Anda dianggap tidak sah/batal.

Tata cara pengiriman berkas, dapat dilihat pada Petunjuk Pengiriman Berkas PO BOX.
Nomor registrasi dan Tanda Bukti Pendaftaran yang Anda peroleh setelah pengisian formulir pendaftaran secara benar merupakan identitas pendaftaran yang akan digunakan pada saat pengambilan Tanda Peserta Ujian (TPU) bagi pelamar yang dinyatakan lulus Seleksi Administrasi, oleh sebab itu harap diingat dan disimpan dengan baik.

Setiap nama yang telah terdaftar hanya memiliki satu nomor identitas registrasi. Setiap identitas nomor registrasi yang dianggap benar dan sah adalah nomor identitas registrasi yang terekam dalam database kami.

Ref : http://rekrutmen.depkeu.go.id/Bantuan.asp

Tentang Blog ini

Kerja-in merupakan blog yang berisi tentang info lowongan pekerjaan yang ada di Indonesia

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

WP Theme-junkie converted by BloggerTheme9